Strategi Pemasaran Perbankan Syariah di Banyumas
DOI:
https://doi.org/10.30595/islamadina.v19i2.3449Keywords:
Bank Syariah, Iklan, KoranAbstract
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Bank Muamalat Indonesia (BMI), Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Jateng Syariah, Bank BRI Syariah, dan Bank BNI Syariah tidak memasang iklan di koran Radar Banyumas dan Satelit Post selama periode November 2016 sampai dengan Februari 2017. Penelitian menemukan berita Bank BSM, Bank BRI Syariah, Bank BNI Syariah, dan Bank Jateng Syariah selama bulan Februari 2017. Pemberitaan ini cukup mendukung publikasi bank-bank syariah bersangkutan pada masyarakat. Disarankan bank-bank syariah yang beroperasi di Banyumas menjalin kerjasama untuk memasang iklan bersama di koran agar makin dikenal masyarakat Banyumas.Â
References
Andromedha Wisnu Nugroho. 2013. Analisis Pengaruh Efektivitas Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matik Yamaha di Semarang. Eprints.dinus.ac.id/8615. Diakses pada 25 Oktober 2016.
Anggun Pratama Setya. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Suratkabar Harian Kaltim Post dalam Menghadapi Persaingan di Kota Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi 2017, 5 (1) : 221 - 234 ISSN 2502-597X, ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id
Ayu Satya Kartika dan A.A Gede Agung Artha Kusuma. 2016. Peran Efektivitas Iklan dalam Memediasi Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Attitude pada Iklan Merek Aqua (Studi Pada Konsumen Aqua) di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.1, 2016: 176-206
Cecep Supriadi. 2013. Kelebihan dan Kekurangan Berbagai Media Periklanan. http://www.marketing.co.id/kelebihan-dan-kekurangan-berbagai-media-periklanan/
Dadang Rahmat Hidayat, Aceng Abdullah. 2014. Fenomena Iklan Baris Kesehatan di Suratkabar Lokal. Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 2, No. 2, Desember 2014,
Eddy Kurnia. 2010. Komunikasi dalam Pusaran Kompetisi. Penerbit Republika. Jakarta.
Hifni Alifahmi. 2005. Sinergi Komunikasi Pemasaran : Integrasi Iklan, PR, dan Promosi. Quantum Bisnis dan Manajemen. Jakarta.
Kristevel Mokoagow. 2016. Peranan Surat Kabar Dalam Menumbuhkan Minat Baca Remaja di Kecamatan Singkil Kota Manado. e-journal “Acta Diurna” Volume V. No.2. Tahun 2016
Kunthi fahmar sandy. 2017. Kinerja Perbankan Syariah 2016 Tumbuh Positif. https://ekbis.sindonews.com/read/1184537/178/kinerja-perbankan-syariah-2016-tumbuh-positif-1488390865
Lenny Meyrin Evelyn Lengkey, dkk. 2014. Peranan Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Pengguna Iklan di Harian Komentar Manado. Journal “Acta Diurna” Volume III. No.3. Tahun 2014
Martutik. 2013. Isi Pesan Persuasif Dalam Advetorial Media Massa Cetak. Jurnal Bahasa dan Seni, Tahun 41,Nomor1, Februari 2013.
Melina Banggawaliman. 2013. Komunikasi Pemasaran Produk Simpedes di Bank Rakyat Indonesia Cabang Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 2013, 1(4) : 268-277
Nila Kasuma Dewi, dkk. 2012. Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Vaseline Hand dan Body Lotion di Kota Padang (Studi Kasus PT Unilever Cabang Padang). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 3, Nomor 2, Mei 2012
Petrus Suryadi Sutrisno. 2011. Fenomena Kebangkitan Industri Pers Daerah/Media Lokal. Jurnal Dewan Pers. Edisi No.5, Mei 2011.
Rinda Asytuti. 2012. Kritik Terhadap Pemasaran Bank Syariah (Pendekatan Eksperiental Marketing. Jurnal Hukum Islam (JHI) Volume 10, Nomor 1, Juni 2012 http: e-journal.stain-pekalongan.ac.id/index.php/jhi ISSN (P): 1829-7382
Taufik Dwi Laksono. 2007. Analisa Pendirian Bisnis Surat Kabar.Teodolita Vol. 8, No.1., Juni 2007:15-23. Unwiku
Yanuar Nugroho, Dinita Andriani Putri, Shita Laksmi. 2012. Memetakan Lansekap Industri Media Kontemporer di Indonesia. Centre for Innovation Policy and Governance. Jakarta.
_____. 2007. Cetak Biru Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia. Bank Indonesia. Jakarta.
_____. 2012. Tiga Masalah Terbesar di Bank Syariah. http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/08/13/15282835/Tiga.Masalah.Terbesar.di.Bank.Syariah
_____. 2007. Cetak Biru Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Bank Indonesia. Jakarta
_____. 2014. Bank Syariah Perbesar Market Share Di Purwokerto. http://semarang.bisnis.com/read/20150416/12/78262/bank-syariah-perbesar-market-share-di-purwokerto. Diakses pada 28 November 2016.
_____.2015. Ini 7 Masalah Bank Syariah. m.tempo.co/read/news/2015/11/22/087721104/ini-7-masalah-bank-syariah. Diakses pada 28 November 2016.
_____. 2016. OJK: Pangsa pasar perbankan syariah 4,87%. www.antaranews.com/berita/546856/ ojk-pangsa-pasar-perbankan-syariah-487. Diakses pada 28 November 2016.
_____. 2016. Statistik Perbankan Indonesia 2016. Maret, Volume 14, No. 4. Otoritas Jasa Keuangan. Jakarta.
_____. 2016. BSM Menjadi Bank Syariah Pertama Masuk BUKU III. https://www.syariahmandiri.co.id/2015/11/bsm-menjadi-bank-syariah-pertama-masuk-buku-iii/
_____. 2016. Dua bank syariah bertekad naik kelas. http://keuangan.kontan.co.id/news/dua-bank-syariah-bertekad-naik-kelas
_____. 2016. Rapor Bank Besar 2017; Gelombang PHK Belum Selesai. http://infobanknews.com/rapor-bank-besar-2017-gelombang-phk-belum-selesai/
____. 2017. Bank Muamalat Ke BUKU III Sebelum Juni 2017. http://finansial.bisnis.com/ read/20170209/90/627449/bank-muamalat-ke-buku-iii-sebelum-juni-2017
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Islamadina is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.