Strategi Pemasaran Perbankan Syariah di Banyumas

Authors

  • Encep Saepudin Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Safitri Mukarromah Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/islamadina.v19i2.3449

Keywords:

Bank Syariah, Iklan, Koran

Abstract

Kesimpulan dari penelitian ini adalah Bank Muamalat Indonesia (BMI), Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Jateng Syariah, Bank BRI Syariah, dan Bank BNI Syariah tidak memasang iklan di koran Radar Banyumas dan Satelit Post selama periode November 2016 sampai dengan Februari 2017. Penelitian menemukan berita Bank BSM, Bank BRI Syariah, Bank BNI Syariah, dan Bank Jateng Syariah selama bulan Februari 2017. Pemberitaan ini cukup mendukung publikasi bank-bank syariah bersangkutan pada masyarakat. Disarankan bank-bank syariah yang beroperasi di Banyumas menjalin kerjasama untuk memasang iklan bersama di koran agar makin dikenal masyarakat Banyumas. 

References

Andromedha Wisnu Nugroho. 2013. Analisis Pengaruh Efektivitas Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matik Yamaha di Semarang. Eprints.dinus.ac.id/8615. Diakses pada 25 Oktober 2016.

Anggun Pratama Setya. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Suratkabar Harian Kaltim Post dalam Menghadapi Persaingan di Kota Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi 2017, 5 (1) : 221 - 234 ISSN 2502-597X, ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id

Ayu Satya Kartika dan A.A Gede Agung Artha Kusuma. 2016. Peran Efektivitas Iklan dalam Memediasi Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Attitude pada Iklan Merek Aqua (Studi Pada Konsumen Aqua) di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.1, 2016: 176-206

Cecep Supriadi. 2013. Kelebihan dan Kekurangan Berbagai Media Periklanan. http://www.marketing.co.id/kelebihan-dan-kekurangan-berbagai-media-periklanan/

Dadang Rahmat Hidayat, Aceng Abdullah. 2014. Fenomena Iklan Baris Kesehatan di Suratkabar Lokal. Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 2, No. 2, Desember 2014,

Eddy Kurnia. 2010. Komunikasi dalam Pusaran Kompetisi. Penerbit Republika. Jakarta.

Hifni Alifahmi. 2005. Sinergi Komunikasi Pemasaran : Integrasi Iklan, PR, dan Promosi. Quantum Bisnis dan Manajemen. Jakarta.

Kristevel Mokoagow. 2016. Peranan Surat Kabar Dalam Menumbuhkan Minat Baca Remaja di Kecamatan Singkil Kota Manado. e-journal “Acta Diurna” Volume V. No.2. Tahun 2016

Kunthi fahmar sandy. 2017. Kinerja Perbankan Syariah 2016 Tumbuh Positif. https://ekbis.sindonews.com/read/1184537/178/kinerja-perbankan-syariah-2016-tumbuh-positif-1488390865

Lenny Meyrin Evelyn Lengkey, dkk. 2014. Peranan Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Pengguna Iklan di Harian Komentar Manado. Journal “Acta Diurna” Volume III. No.3. Tahun 2014

Martutik. 2013. Isi Pesan Persuasif Dalam Advetorial Media Massa Cetak. Jurnal Bahasa dan Seni, Tahun 41,Nomor1, Februari 2013.

Melina Banggawaliman. 2013. Komunikasi Pemasaran Produk Simpedes di Bank Rakyat Indonesia Cabang Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 2013, 1(4) : 268-277

Nila Kasuma Dewi, dkk. 2012. Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Vaseline Hand dan Body Lotion di Kota Padang (Studi Kasus PT Unilever Cabang Padang). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 3, Nomor 2, Mei 2012

Petrus Suryadi Sutrisno. 2011. Fenomena Kebangkitan Industri Pers Daerah/Media Lokal. Jurnal Dewan Pers. Edisi No.5, Mei 2011.

Rinda Asytuti. 2012. Kritik Terhadap Pemasaran Bank Syariah (Pendekatan Eksperiental Marketing. Jurnal Hukum Islam (JHI) Volume 10, Nomor 1, Juni 2012 http: e-journal.stain-pekalongan.ac.id/index.php/jhi ISSN (P): 1829-7382

Taufik Dwi Laksono. 2007. Analisa Pendirian Bisnis Surat Kabar.Teodolita Vol. 8, No.1., Juni 2007:15-23. Unwiku

Yanuar Nugroho, Dinita Andriani Putri, Shita Laksmi. 2012. Memetakan Lansekap Industri Media Kontemporer di Indonesia. Centre for Innovation Policy and Governance. Jakarta.

_____. 2007. Cetak Biru Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia. Bank Indonesia. Jakarta.

_____. 2012. Tiga Masalah Terbesar di Bank Syariah. http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/08/13/15282835/Tiga.Masalah.Terbesar.di.Bank.Syariah

_____. 2007. Cetak Biru Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Bank Indonesia. Jakarta

_____. 2014. Bank Syariah Perbesar Market Share Di Purwokerto. http://semarang.bisnis.com/read/20150416/12/78262/bank-syariah-perbesar-market-share-di-purwokerto. Diakses pada 28 November 2016.

_____.2015. Ini 7 Masalah Bank Syariah. m.tempo.co/read/news/2015/11/22/087721104/ini-7-masalah-bank-syariah. Diakses pada 28 November 2016.

_____. 2016. OJK: Pangsa pasar perbankan syariah 4,87%. www.antaranews.com/berita/546856/ ojk-pangsa-pasar-perbankan-syariah-487. Diakses pada 28 November 2016.

_____. 2016. Statistik Perbankan Indonesia 2016. Maret, Volume 14, No. 4. Otoritas Jasa Keuangan. Jakarta.

_____. 2016. BSM Menjadi Bank Syariah Pertama Masuk BUKU III. https://www.syariahmandiri.co.id/2015/11/bsm-menjadi-bank-syariah-pertama-masuk-buku-iii/

_____. 2016. Dua bank syariah bertekad naik kelas. http://keuangan.kontan.co.id/news/dua-bank-syariah-bertekad-naik-kelas

_____. 2016. Rapor Bank Besar 2017; Gelombang PHK Belum Selesai. http://infobanknews.com/rapor-bank-besar-2017-gelombang-phk-belum-selesai/

____. 2017. Bank Muamalat Ke BUKU III Sebelum Juni 2017. http://finansial.bisnis.com/ read/20170209/90/627449/bank-muamalat-ke-buku-iii-sebelum-juni-2017

Downloads

Published

2018-12-06

How to Cite

Saepudin, E., & Mukarromah, S. (2018). Strategi Pemasaran Perbankan Syariah di Banyumas. Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, 19(2), 41–58. https://doi.org/10.30595/islamadina.v19i2.3449

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.