Al-Mate: Solusi Pembelajaran Matematika SMP Swasta Jambi Medan di Masa Pandemi

Fitri Aulia, Karimuddin Hakim Hasibuan, Jeremia Manurung, Pittauli Ambarita, Azqal Azkia, Kana Saputra S

Abstract


Kesulitan guru SMP Swasta Jambi Medan dalam mengajarkan materi matematika kepada siswa disebabkan keterbatasan media pembelajaran yang mengakibatkan terjadinya miskonsepsi pada siswa. Hal ini menjadi faktor munculnya kebutuhan terhadap media pembelajaran digital yang dapat memberikan visualisasi yang menarik dan mudah dipahami siswa, namun sekolah maupun guru belum memiliki media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan. Melalui program ini, Tim PKM-PM menawarkan solusi kepada mitra untuk mengatasi kesulitan pada saat mengajarkan materi matematika berupa produk bernama AL-MATE (Model Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Berbasis Virtual Web). Program tersebut terlaksana melalui beberapa kegiatan maupun persiapan yang bertujuan untuk mengoptimalkan media pembelajaran dalam proses pembelajaran matematika. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini terdiri atas beberapa tahap, yaitu analisis awal, perancangan, produksi, evaluasi dan diseminasi. Hasil dari kegiatan ini yang pertama adalah produk AL-MATE yang terdiri dari LMS (Learning Management System) SMP Swasta Jambi Medan, Virtual Web AL-MATE, dan buku panduan penggunaan AL-MATE. Kedua, buku pedoman yang dirancang untuk memperkenalkan AL-MATE dan member petunjuk cara penggunaannya. Ketiga, video pelaksanaan yang dirancang untuk menampilkan produk dan seluruh kegiatan tim selama menjalankan program. Produk AL-MATE berpotensi untuk menjadi media pembelajaran digital yang dapat digunakan secara luas, memperoleh hak paten, dan sarana pelatihan teknis kepada mitra.


Keywords


Model Pembelajaran Digital; AL-MAT; Virtual Web; Matematika

References


Anhusadar, L. O. 2020. Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid-19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44-58.

Annurwanda, P., & Friantini, R.N. 2019. Efektivitas Penerapan Metode Round Table dan Ekspositori Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal. RIEMANN Research of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 1-13.

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. 2020. Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 50-56.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Permenkes. 2020. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Desease 2019.

Pratiwi, E. W. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1-8.

Putra, E. A., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. 2020. Pengembangan Smartphone Learning Management System (S-LMS) Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMA. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 36-45.

S. Rabiah. 2015. Penggunaan Metode Research and Development dalam Penelitian Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Univ. Muslim Indonesia., 1(April 2015), 1-7.

Sulistyowati, S., & Rachman, A. 2017. Pemanfaatan Teknologi 3D Virtual Reality (VR) pada Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Journal Network Engineering Research Operation.

Syarifudin, A. S. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Sosial Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v7i2.11477

Copyright (c) 2023 Fitri Aulia, Karimuddin Hakim Hasibuan, Jeremia Manurung, Pittauli Ambarita, Azqal Azkia, Kana Saputra S

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347