Pemanfaatan Facebook Page Sebagai Media Promosi Sekolah Muhammadiyah di Kecamatan Tanon Sragen

Authors

  • Sukirman Sukirman Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muhammad Miftakhul Rohadi Putra Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Astriana Jihan Kusumawati Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v5i2.7403

Keywords:

Facebook Page, Media Sosial, Muhammadiyah Tanon, Promosi Sekolah

Abstract

Salah satu teknik promosi sekolah dapat dilakukan melalui media sosial berbasis internet Facebook Page yang memiliki jangkauan lebih luas. Permasalahannya, tidak semua staf dan pengajar di sekolah memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk membuat Facebook Page sendiri guna mempromosikan sekolahnya tersebut, beberapa diantaranya adalah para guru di lingkungan sekolah Muhammadiyah kecamatan Tanon, Sragen. Untuk itu perlu dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan agar mereka dapat membuat Facebook Page sendiri sehingga dapat memanfaatkannya untuk promosi sekolah. Metode pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap 1 terdiri dari observasi dan wawancara, tahap 2 berisi perumusan masalah, formulasi solusi, dan pemetaan kebutuhan, dan tahap 3 merupakan pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi. Setelah dilakukan pelatihan, sebagian besar peserta menyatakan bahwa mereka dapat membuat Facebook Page sendiri dan akan digunakan untuk promosi sekolahnya. Hampir semua peserta menyatakan bahwa mereka merasa puas dan akan merasa senang apabila di kemudian hari dilaksanakan kegiatan sejenis bertema ICT (Information Communication Technology) untuk menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan teknis di bidang ICT.

References

Febriyanti, E., Rifai, Z., Hasanah, S. N., Wijayanti, D. F., Suhening, L., & Frastika, L. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Media Pemasaran Produk. In Conference on Information Technology, Information System and Electrical Engineering (CITISEE) (pp. 254–257).

Harisah, M. (2019). Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Kampanye Politik Jokowi-Jk Pada Pilpres 2014 (Analisis Isi Media Online). Kareba: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 212–221.

Rajesh, T., & Rangaiah, D. B. (2020). Facebook addiction and personality. Heliyon, 6(1), e03184. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e03184

Sukirman, S., Putra, M., & Kusumawati, A. (2019). Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Cloud Computing Sebagai Sarana Pengelolaan Kuesioner Bagi Guru Muhammadiyah Tanon. Warta LPM, 22(2), 120–128. https://doi.org/10.23917/warta.v22i2.8664

Syofian, S., Setiyaningsih, T., & Syamsiah, N. (2015). Otomatisasi metode penelitian skala likert berbasis web. Prosiding Semnastek.

Tasliman, M., & Suryawibawa, D. T. (2019). Analisis Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Promosi Produk Perumahan Syariah di PT. Jannata Land. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 941–946.

Wiese, M., Martínez-Climent, C., & Botella-Carrubi, D. (2020). A framework for Facebook advertising effectiveness: A behavioral perspective. Journal of Business Research, 109, 76–87. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.11.041

Downloads

Published

2021-11-03

How to Cite

Sukirman, S., Putra, M. M. R., & Kusumawati, A. J. (2021). Pemanfaatan Facebook Page Sebagai Media Promosi Sekolah Muhammadiyah di Kecamatan Tanon Sragen. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(2), 227–233. https://doi.org/10.30595/jppm.v5i2.7403

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.