Pemanfaatan Facebook Page Sebagai Media Promosi Sekolah Muhammadiyah di Kecamatan Tanon Sragen
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v5i2.7403Keywords:
Facebook Page, Media Sosial, Muhammadiyah Tanon, Promosi SekolahAbstract
Salah satu teknik promosi sekolah dapat dilakukan melalui media sosial berbasis internet Facebook Page yang memiliki jangkauan lebih luas. Permasalahannya, tidak semua staf dan pengajar di sekolah memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk membuat Facebook Page sendiri guna mempromosikan sekolahnya tersebut, beberapa diantaranya adalah para guru di lingkungan sekolah Muhammadiyah kecamatan Tanon, Sragen. Untuk itu perlu dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan agar mereka dapat membuat Facebook Page sendiri sehingga dapat memanfaatkannya untuk promosi sekolah. Metode pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap 1 terdiri dari observasi dan wawancara, tahap 2 berisi perumusan masalah, formulasi solusi, dan pemetaan kebutuhan, dan tahap 3 merupakan pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi. Setelah dilakukan pelatihan, sebagian besar peserta menyatakan bahwa mereka dapat membuat Facebook Page sendiri dan akan digunakan untuk promosi sekolahnya. Hampir semua peserta menyatakan bahwa mereka merasa puas dan akan merasa senang apabila di kemudian hari dilaksanakan kegiatan sejenis bertema ICT (Information Communication Technology) untuk menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan teknis di bidang ICT.References
Febriyanti, E., Rifai, Z., Hasanah, S. N., Wijayanti, D. F., Suhening, L., & Frastika, L. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Media Pemasaran Produk. In Conference on Information Technology, Information System and Electrical Engineering (CITISEE) (pp. 254–257).
Harisah, M. (2019). Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Kampanye Politik Jokowi-Jk Pada Pilpres 2014 (Analisis Isi Media Online). Kareba: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 212–221.
Rajesh, T., & Rangaiah, D. B. (2020). Facebook addiction and personality. Heliyon, 6(1), e03184. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e03184
Sukirman, S., Putra, M., & Kusumawati, A. (2019). Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Cloud Computing Sebagai Sarana Pengelolaan Kuesioner Bagi Guru Muhammadiyah Tanon. Warta LPM, 22(2), 120–128. https://doi.org/10.23917/warta.v22i2.8664
Syofian, S., Setiyaningsih, T., & Syamsiah, N. (2015). Otomatisasi metode penelitian skala likert berbasis web. Prosiding Semnastek.
Tasliman, M., & Suryawibawa, D. T. (2019). Analisis Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Promosi Produk Perumahan Syariah di PT. Jannata Land. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 941–946.
Wiese, M., MartÃnez-Climent, C., & Botella-Carrubi, D. (2020). A framework for Facebook advertising effectiveness: A behavioral perspective. Journal of Business Research, 109, 76–87. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.11.041
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.