Pendampingan dan Pembinaan Karakter Anak Sesuai Falsafah Pancasila pada Masa Pandemi di Dusun Brajan Kabupaten Sleman
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9753Keywords:
Pendampingan, Pembinaan, Karakter, Anak, PandemiAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa pendampingan belajar, pembinaan dan perbaikan tempat serta taman belajar untuk anak-anak dusun Brajan Sleman. Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi permasalahan yang dihadapi anak dan orangtua anak selama belajar dan sekolah online pada masa pandemi covid-19 berdasarkan survei dan wawancara yang telah tim pengabdi lakukan. Tujuan dari kegiatan ini adalah membina anak-anak di Dusun Brajan untuk memiliki Karakter yang sesuai falsafah Pancasila dengan media alam. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan sejak bulan September 2020 hingga januari 2021 dengan jumlah anak-anak sebanyak 36 anak. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini berupa pembuatan modul, renovasi serta perbaikan tempat serta taman belajar, pendampingan dan pembinaan terhadap anak-anak dusun Brajan, serta pendidikan dan pelatihan pemuda dusun Brajan. Hasil dari pendampingan dan pembinaan terhadap anak-anak dan pemuda menunjukan respon yang baik. Pemuda bersedia melanjutkan program pendampingan dan pembinaan. Hal tersebut dapat ditunjukan dengan tercapainya indikator keberhasilan yang telah ditentukan tim pengabdi sejak survei dan observasi dusun Brajan.
References
Fakultas Pendidikan Psikologi UNM. (2019). Peran Psikologi Klinis Dalam Pendidikan Kebencanaan. Malang : FPPUNM
Kamelia L, Adnyana O.(2012). Cinta Dalam Perspektif Neurobiologi, 30(1), 1-8
Liputan (2020, April). Studi Ungkap Orangtua Dan Anak Sering Konflik Selama Pandemi Corona Covid-19. Diunduh dari : https://www.liputan6.com/global/read/4216978/studi-ungkap-orangtua-dan-anak-sering-konflik-selama-pandemi-corona-covid-19 31 Januari 2021
Sitomorang, Dominikus David Biondi. (2017). Efektivitas Pemberian Layanan Intervensi Music Therapy Untuk Mereduksi Academic Anxiety Mahasiswa Terhadap Skripsi, 2(1), 4-8
Suara, Harian (2020, Maret). Belajar Secara Daring Dikeluhkan Orangtua . Diunduh dari :https://www.hariansuara.com/news/nasional/19370/belajar-secara-daring-dikeluhkan-orangtua 31 Januari 2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.