Kreativitas Guru PAI dalam Penggunaan Media Pembelajaran di SMK Negeri 1 Purwokerto

Aufa Abida Ahmad Fadilah, Darodjat Darodjat

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui mengetahui kreativitas guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran di SMKN 1 Purwokerto, 2) mengetahui media pembelajaran yang digunakan guru PAI di SMKN 1 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data dalam penelitian diperoleh melalui dua cara, yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI di SMK N 1 Purwokerto rata-rata sudah kreatif dalam penggunaan media. Mereka memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah meskipun belum lengkap. Karena kreatif itu tidak harus selalu menggunakan alat-alat pembelajaran terbaru, tetapi bagaimana seorang guru dapat mengembangkan ide-ide barunya dalam proses belajar mengajar. Melalui penggunaan media dengan baik maka akan tercapai tujuan pembelajaran dan siswa lebih mudah memahami materi yang diberikan oleh guru. Adapun media yang digunakan yaitu audio-visual, buku, dan komputer seperti laptop, LCD, handphone, speaker aktif, dan buku paket. Guru PAI memperoleh sumber media dari internet tetapi ada juga guru yang memperoleh sumber media dari audio-visual, laptop dan proyektor. Mereka menerapkan media pembelajaran dengan melihat kondisi peserta didik serta disesuaikan dengan kemampuan siswa supaya tercapai tujuan pembelajaran tersebut.


Keywords


Kreativitas guru; guru PAI; Media pembelajaran

References


Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Anitah, Sri. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: Lpp UNS dan UNS Press.

Arifin, Zaenal. (2012). Penelitian Pendidikan (Metode dan Paradigma Baru).Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

B.Uno Hamzah & Mohammad Nurdin. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djamarah Bahri Syaiful & Zain Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Daradjat, Zakiah. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Fathurrohman Pupuh & Sutikno Sobry. (2010). Strategi Belajar Mengajar Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama.

Hermawan Herry, Asep dkk. (2007). Media Pembelajaran SD. Bandung: Upi Press.

Iriani, F. (2019). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Kemampuan Siswa dalam Memahami Materi PAI di Sekolah Dasar. Journal of Islamic Education, 2(2), 168–181.

M. Supartini, (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi di SDN Mangunharjo 3 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(2), 277-293.

Munadi, Yudhi. (2008). Media Pembelajaran. Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.

Munakiroh, H. El, & Arief Zainal Abidin, M. (2013). Kreatifitas Guru Pai Dalam Implementasi Kurikulum 2013.

Mahnun, O. N. (2012). Media Pembelajaran ( Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran ). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1).

Naim, Ngainun. (2012). Character Building(Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Naim, Ngainun. (2009). Menjadi Guru Inspiratif (Memberdayakan dan Mengubah Jalan Hidup Siswa). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Usman Basyiruddin & Asnawir. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta:Ciputat Pers.

Widiasworo, Erwin. 2014. Rahasia Menjadi Guru Idola (Panduan Memaksimalkan Proses Belajar Mengajar secara Kreatif & Inovatif). Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Zain, Djamarah. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Zainiyah, Husniyatus Salamah. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam). Jakarta: Kencana.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/ajsi.v1i2.10127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2774-3101