Upaya Bprs Buana Mitra Perwira Cabang Banjarnegara Dalam Meluruskan Persepsi Masyarakat Tentang Bank Syariah

Authors

  • Fitri Fauziya Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Wage W Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.1816

Keywords:

Upaya, BPRS, Meluruskan Persepsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan : (1) bagaimana upaya yang dilakukan BPRS Buana Mitra Perwira Cabang Banjarnegara dalam meluruskan persepsi masyarakat tentang bank syariah, (2) kendala-kendala yang dihadapi BPRS Buana Mitra Perwira Cabang Banjarnegara dalam meluruskan persepsi masyarakat tentang bank syariah, dan (3) sejauh mana hasil yang dicapai BPRS Buana Mitra Perwira Cabang Banjarnegara dalam meluruskan persepsi masyarakat tentang bank syariah.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah pihak BPRS Buana Mitra Perwira Cabang Banjarnegara sebanyak 3 orang yaitu pimpinan cabang, marketing, dan customer service. Serta masyarakat Banjarnegara sebanyak 6 oarng yang meliputi tokoh masyarakat, nasabah bank syariah dan nasabah bank konvensional. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, data display, dan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Upaya BPRS Buana Mitra Perwira Cabang Banjarnegara dalam meluruskan persepsi masyarakat tentang bank syariah yaitu sosialisasi dalam bentuk menjelaskan dan mengenalkan kepada masyarakat. (2) Kendala-kendala yang dihadapi BPRS Buana Mitra Perwira Cabang Banjarnegara yaitu masyarakat masih asing dengan kata BPRS, masyarakat masih awam mengenal kata-kata BPRS, masyarakat belum tahu tentang bank syariah dan jumlah SDM yang belum cukup. (3) Hasil yang dicapai BPRS Buana Mitra Perwira Cabang Banjarnegara dalam meluruskan persepsi masyarakat tentang bank syariah yaitu adanya peningkatan nasabah dan BPRS sudah berhasil untuk mengajak masyarakat untuk berpindah ke syariah.

References

Antonio, Muhammad Syafi’I. 2001. Bank Syariah dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema Insani

Danupranata, Gita. 2013. Manajemen Perbankan Syariah. Jakarta. Salemba Empat.

Gitosudarmo, Indriyo dan I Nyoman Sudita. 1997. Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta. BPFE. Cetakan pertama.

Gozali, Ahmad. 2005. Serba-Serbi Kredit Syariah; Jangan Ada Bunga Di Antara Kita. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.

Ismail. 2011. Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana.

Kasmir. 2000. Manajemen Perbankan. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Machmud, Amir. 2010. Bank Syariah. Jakarta. Erlangga

Manan, Abdul. 2012. Hukum Ekonomi Syariah Dalam Perspektif Kewenangan Peadilan Agama. Jakarta. Kencana.

Moloeng, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Cetakan ketiga puluh dua.

Mu’allim, Amir. Persepsi Masyarakat Terhadap Lembaga Keuangan Syariah. www.jurnal.uii.ac.id/index.php/JHI/article/viewFile/2614/2384. Diakses tanggal 20 Januari 2016 pukul 09:08

Muhammad. 2002. Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Nawawi, Hadari. 2002. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

P. Robbins, Stephen. 1996. Perilaku Organisasi. Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1. Jakarta. PT Prenhallindo.

Rivai, Veithzal. 2010. Islamic Banking. Jakarta. Bumi Aksara.

Satori, Djam’an. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Soemitra, Andri. 2009. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Cetakan keenambelas.

Sumitro, Warkum. 2002. Asas-Asas Perbankan Islam Dan Lembaga-Lembaga Terkait BMI dan Takaful Di Indonesia. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Suyatno, Thomas. 1997. Kelembagaan Perbankan. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama

Yahya, Rizal. Dkk. 2009. Akuntansi Perbankan Syariah. Jakarta: Salemba Empat.

http://news.unpad.ac.id/?p=31005 diakses pada tanggal 27 Januari 2016 pukul 18:06

repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/7175/1/047018027.pdfdiakses pada tanggal 23 Januari 2016 pukul 20:00

Undang-undang RI Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah

Downloads

Published

2016-03-02

How to Cite

Fauziya, F., & W, W. (2016). Upaya Bprs Buana Mitra Perwira Cabang Banjarnegara Dalam Meluruskan Persepsi Masyarakat Tentang Bank Syariah. Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, 17(1), 40–53. https://doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.1816

Issue

Section

Artikel