Analisis Tingkat Kepuasan Responden Terhadap Kualitas Pemberian Informasi Obat Di UPT Puskesmas Bengkalis Kecamatan Bengkalis Provinsi Riau

Authors

  • Fina Aryani Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Riau
  • Mohammad Reza Firmansyah Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Riau

DOI:

https://doi.org/10.30595/pharmacy.v0i0.9228

Keywords:

Bengkalis, Infomasi Obat, Kepuasan, Puskesmas

Abstract

Survei dilakukan untuk menganalisis kepuasan responden terhadap kualitas penyediaan informasi obat di UPT Puskesmas Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau. Hal ini diukur berdasarkan lima dimensi: assurance, empathy, tangible, reliability dan responsiveness. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional dengan desain deskriptif dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel penelitian sebanyak 95 orang yang memenuhi kiteria inklusi. Analisis data dengan membandingkan nilai bobot jawaban dengan skor ideal sehingga didapatkan nilai korelasi, interpretasi dan tingkat kepuasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang mendapatkan pemberian informasi obat di UPT Puskesmas Bengkalis Kecamatan Bengkalis Provinsi Riau dengan korelasi 0,743 (cukup) dan tingkat kepuasannya adalah puas.

Author Biography

Fina Aryani, Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Riau

Clinical Pharmacy

References

Abdullah, N., Andrajadi, R., dan Supardi, S., 2010, Pengetahuan, Sikap dan Kebutuhan Pengunjung Apotek Terhadap Informasi Obat di Kota Depok, Pusat Penelitian dan Sistem Pengembangan Kebijakan Badan Litbangkes Kementrian Kesehatan, Depok

Anief, M., 2007, Pedoman Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Anonim, 2016, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta

Anonim, 2017, Profil Bengkalis, Badan Pusat Statistik, Bengkalis.

Anonim, 2018, Profil Puskesmas Bengkalis, Puskesmas Bengkalis, Bengkalis.

Arikunto, S., 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.

Cipolle, RJ, Strand, LM, Morley, PC 1998, In Pharmaceutical Care Practice, Identifying, Resolving, And Preventing Drug Therapy Problem: The Pharmacist‟s Responsibility, The McGraw-Hill Companies, Inc., USA.

Hazaya, TY., 2013, Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kamar Obat di Puskesmas Surabaya Utara, Skripsi, Fakultas Farmasi Universitas Surabaya, Surabaya.

Helni, 2015, Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Apotek di Kota Jambi, Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, Jambi

Hurlock, E., 2001, Psikologi Perkembangan, Erlangga, Jakarta.

Kotler, P dan Keller, K.L.., 2007, Manajemen Pemasaran, Edisi ke-12, Jilid 1, PT Macan Jaya Cemerlang, Jakarta.

Novaryatiin, S., 2018, Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Dr. Murjani Sampit, Borneo Jurnal of Pharmacy, Volume I Issue I, Halaman 22 – 26

Parasuraman, A., dan Valerie, 2001, Delivering Quality Service, The Free Press, New York.

Rachmadani, A, Sampurno, dan Purnomo A., 2010, Peran Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Dalam Upaya Pelaksanaan Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi, Volume 1 Nomor 2, Halaman 103-110, Yogyakarta.

Suryandari, L., 2015, Analisis Kualitas Informasi Obat Untuk Pasien di Apotek Kota Surakarta, Naskah Publikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Solo.

Yunevy, E, Haksamana, S, 2013, Analisis Kepuasan Berdasarkan Persepsi dan Harapan Pasien di Puskesmas Medokan Ayu Surabaya, Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, Surabaya

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Aryani, F., & Firmansyah, M. R. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Responden Terhadap Kualitas Pemberian Informasi Obat Di UPT Puskesmas Bengkalis Kecamatan Bengkalis Provinsi Riau. PHARMACY: Jurnal Farmasi Indonesia (Pharmaceutical Journal of Indonesia), 20(1), 45–49. https://doi.org/10.30595/pharmacy.v0i0.9228