Analisis Tingkat Kepuasan Responden Terhadap Kualitas Pemberian Informasi Obat Di UPT Puskesmas Bengkalis Kecamatan Bengkalis Provinsi Riau
DOI:
https://doi.org/10.30595/pharmacy.v0i0.9228Keywords:
Bengkalis, Infomasi Obat, Kepuasan, PuskesmasAbstract
Survei dilakukan untuk menganalisis kepuasan responden terhadap kualitas penyediaan informasi obat di UPT Puskesmas Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau. Hal ini diukur berdasarkan lima dimensi: assurance, empathy, tangible, reliability dan responsiveness. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional dengan desain deskriptif dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel penelitian sebanyak 95 orang yang memenuhi kiteria inklusi. Analisis data dengan membandingkan nilai bobot jawaban dengan skor ideal sehingga didapatkan nilai korelasi, interpretasi dan tingkat kepuasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang mendapatkan pemberian informasi obat di UPT Puskesmas Bengkalis Kecamatan Bengkalis Provinsi Riau dengan korelasi 0,743 (cukup) dan tingkat kepuasannya adalah puas.
References
Abdullah, N., Andrajadi, R., dan Supardi, S., 2010, Pengetahuan, Sikap dan Kebutuhan Pengunjung Apotek Terhadap Informasi Obat di Kota Depok, Pusat Penelitian dan Sistem Pengembangan Kebijakan Badan Litbangkes Kementrian Kesehatan, Depok
Anief, M., 2007, Pedoman Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.
Anonim, 2016, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta
Anonim, 2017, Profil Bengkalis, Badan Pusat Statistik, Bengkalis.
Anonim, 2018, Profil Puskesmas Bengkalis, Puskesmas Bengkalis, Bengkalis.
Arikunto, S., 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.
Cipolle, RJ, Strand, LM, Morley, PC 1998, In Pharmaceutical Care Practice, Identifying, Resolving, And Preventing Drug Therapy Problem: The Pharmacist‟s Responsibility, The McGraw-Hill Companies, Inc., USA.
Hazaya, TY., 2013, Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kamar Obat di Puskesmas Surabaya Utara, Skripsi, Fakultas Farmasi Universitas Surabaya, Surabaya.
Helni, 2015, Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Apotek di Kota Jambi, Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, Jambi
Hurlock, E., 2001, Psikologi Perkembangan, Erlangga, Jakarta.
Kotler, P dan Keller, K.L.., 2007, Manajemen Pemasaran, Edisi ke-12, Jilid 1, PT Macan Jaya Cemerlang, Jakarta.
Novaryatiin, S., 2018, Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Dr. Murjani Sampit, Borneo Jurnal of Pharmacy, Volume I Issue I, Halaman 22 – 26
Parasuraman, A., dan Valerie, 2001, Delivering Quality Service, The Free Press, New York.
Rachmadani, A, Sampurno, dan Purnomo A., 2010, Peran Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Dalam Upaya Pelaksanaan Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi, Volume 1 Nomor 2, Halaman 103-110, Yogyakarta.
Suryandari, L., 2015, Analisis Kualitas Informasi Obat Untuk Pasien di Apotek Kota Surakarta, Naskah Publikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Solo.
Yunevy, E, Haksamana, S, 2013, Analisis Kepuasan Berdasarkan Persepsi dan Harapan Pasien di Puskesmas Medokan Ayu Surabaya, Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, Surabaya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).