Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SMP Negeri 5 Purbalingga

Authors

  • Rizal Abdurrachman Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Makhful Makhful Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/ajsi.v1i2.10133

Keywords:

Implementasi pendidikan, Pendidikan karakter, Karakter religius

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter religius dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter religius di SMP Negeri 5 Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara. Sedangkan analisis datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi  data, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter religius di SMP Negeri 5 Purbalingga melalui berbagai program di antaranya. Pengembangan diri, pengintegrasian dalam mata pelajaran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran PAI, serta pengintegrasian dalam budaya sekolah melalui kegiatan 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun). Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter religius yaitu sarana prasarana yang memadai seperti terdapat masjid dan alat shalat, media pendukung yang membantu guru dalam memberikan instruksi kepada peserta didik untuk melaksanakan kegiatan rutin keagamaan, serta para guru atau pendidik yang selalu melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai dengan visi misi sekolah. Adapun faktor penghambat dalam implementasi pendidikan karakter religius yaitu kurangnya kesadaran tentang keagamaan pada peserta didik yang memicu tidak semangatnya peserta didik dalam mengikuti kegiatan keagamaan, kurangnya sosok teladan tentang keagamaan bagi peserta didik di rumah yang mengakibatkan peserta didik kurang memahami tentang kewajiban seorang muslim kepada Allah.

References

Abdul Majid, Dian Andayani, (2012), Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Adisusilo, Sutarjo. (2014). Pembelajaran Nilai-Karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Press.

Amri, Sofan, dkk. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Agus, Wibowo. (2012). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2013). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Daradjat, Zakiah. (1991). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.

Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Tesaurus Alfabetis Bahasa Indonesia. Bandung: Mizan.

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan dan Karakter Budaya Bangsa. Jakarta.

Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2010. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Puskurbuk.

Koesoema, Doni. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.

Kurniawan, Hendy. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Perilaku Religius di SDI Al Azhar 31 Yogyakarta, Tesis (Yogyakarta: UII.

M. Ali, Aisyah. (2018). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Prenada Media Grup.

Mulyasa. (2008). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muchlas Samami dan Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. (2009). Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustari, Mohamad. (2017). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Naim, Ngainun. (2012). Charahter Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dan Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurohmah, Siti, (2014) Implementasi Pendidikan Karakter Religius pada Siswa MI Ma’arif Banjarparakan Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas, Skripsi (Purwokerto: IAIN Purwokerto).

Salahuddin, Annas. Alkrienciehie, Irwanto. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: CV Pustaka Setia.

Satori, Djam’an, Komariah, Aan. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Alfabeta.

Suprapti, Indah. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Budaya Religius di SD Negeri Sampang 01 Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2014/2015, Tesis (Purwokerto: IAIN Purwokerto).

Thoha, Chabib, dkk. (1999). Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga.

UU RI No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Lembaga Informasi Nasional.

Wahyuni, Sri, dkk. (2012). Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Yaumi, Muhammad. (2016). Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Zubaedi. (2011). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya dalam Lembega Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zuriah, Nurul. (2008). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan Menggagas Plaform Pendidikan Budi Pekerti Secara Kontekstual dan Futuristik. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-03-19